Move On Dari Pacaran - FKDI Indonesia

Tuesday, August 27, 2019

Move On Dari Pacaran

Pemateri : Bunda Nimas
Edisi: 27 Agustus 2019
Move On dari Pacaran
Dijaman sekarang ini , bukanlah hal yang baru lagi ketika kita melihat pasangan remaja putera dan puteri dipinggir jalan, di kafe, restoran, jembatan atau di mana saja. Mereka nampak asyik mengumbar yang katanya disebut sebagai sesuatu yang mesra itu. Menunjukkan betapa bahagianya mereka saling memiliki satu sama lain dibalik sebuah yang katanya jalinan hubungan bernama pacaran.

Apa sebenarnya pacaran? 

Pacaran menurut Wikipedia, merupakan proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan. Adapun ‘Pacar’ (/pa·car/n) menurut KBBI, didefenisikan sebagai teman lawan jenis yg tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih, kekasih. 

Dalam Aplikasi kamus Bahasa Inggris, pacaran dimaknai “go put members of opposite sex. Be boy and girlfriend. Engage. In sexual play”. 

Jika diterjemahkan berarti “menjadikan seseorang sebagai lawan percintaan, menjadi teman laki-laki atau teman perempuan,  tunangan, bermain seks”. Secara istilah, dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah fiance, yang menjadi hasil serapan dari bahasa Perancis, fiancĂ©, berarti A person engaged to be married.

Cinta keindahannya membuat kita buta. Karena putus cinta kadang kita bisa merana. Cinta, terkadang dihasilkan dari kekaguman mendalam hingga turun ke hati. Namun banyak orang yang tersesat dengan dalih cinta, mereka menjalin komunikasi dalam bentuk berpacaran.

Ingatlah pacaran tidak ada nikmat dan spesialnya. Dalam islam, ta’aruf bisa menjadi solusi terbaik. itupun, dilakukan dengan cara yang shar’i tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Namanya pacaran dalam Islam yang ada hanyalah zina, sesuai dengan firman Allah SWT:

”Dan janganlah kamu mendekati zina,  sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(Q.S. Al- Israa’:32)

Jadi seluruh aktivitas dalam pacaran sesungguhnya adalah berzina. Bukan hanya larangan dalam Islam, bahkan dalam penelitian terkini pun menemukan berbagai bahaya yang mungkin terjadi dalam hubungan pacaran.

Sebuah eksperimen di Inggris menyebutkan bahwa pacaran menimbulkan getaran otak yang meningkatkan keinginan untuk bersentuhan lebih jauh, yang artinya zina. Sehingga yang didapatkan dari pacaran hanyalah dosa dan kesakitan. Setelah putus dari pacar, biasanya seseorang akan sulit untuk move on atau melupakannya.

Tips Melupakan Mantan Pacar Dengan Mudah

Daripada kita sibuk menulis status-status galau yang GJ (Ga Jelas) di sosial media, akan lebih baik jika kita lakukan hal-hal berikut ini supaya bisa melupakan mantan tanpa perlu meninggalkan kebencian. 

1. Cobalah untuk tidak melupakan
Karena semakin kamu mencoba untuk melupakan semakin kamu akan mengingat-nya.

2. Cobalah memaafkan hanya karena Allah
Sebab dengan memaafkan karena Allah jika kita ketemu sang mantan hati ini tidak akan sakit lagi  beda kalau memaafkan karena kita nanti ego kita yang bicara maka ketika ketemu sang mantan maka hati akan berasa sakit lagi.

3. Yakinkan diri bahwa ini jalan terbaik 
Tidak ada jalan yang paling baik selain jalan yang dipilih Allah untuk diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT :

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(Q.S. Al Baqarah : 216)

Dengan putusnya dari pacar, berarti kita telah diselamatkan oleh Allah SWT dari kemaksiatan dalam berzina. Maka perbanyaklah bersyukur.

4. Sholat taubat 
Minta ampunlah kepada Allah SWT atas apa yang telah dilakukan selama ini. Lakukan taubat dengan sungguh-sungguh dan jangan pesimis untuk mendapatkan ampunanNya.
Sebagaimana firman-Nya:

 “Katakanlah : “Hai hamba-hambaKu yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(Q.S. Az Zumar : 53).

5.Ikhlas 
Menjadi salah satu cara untuk kita bisa cepat melupakan mantan, karena kalau kita belum ikhlas mungkin kita tidak akan bisa merelakan kepergian-nya.

6. Berdoa untuk melupakan
Ketika sudah berusaha untuk dapat menghapuskan semuanya namun berasa susah, maka tak ada salahnya untuk selalu memohon petunjuk kepada Allah serta mohonkan pula doa untuk melupakan seseorang yang dicintai khususnya mantan pacar.

Doa untuk melupakan antan pacar yang masih membayangi hidup kita bisa kita ucapkan dengan lafal apa saja. Allah Maha Mengetahui dari semua bahasa, oleh karena itu tidak akan sulit untuk mencari apa doa yang pas. Lafalkan dengan niat dan hati yang tulus ikhlas.

7. Banyak berdzikir
Dengan banyak mengingat asma Allah SWT, kita akan memiliki hati dan jiwa tenang dalam Islam. Berdzikir adalah salah satu cara atau tips menghilangkan galau dalam Islam. 

8. Menjauhi lingkungan yang buruk
Ada banyak cara memilih teman dalam Islam, salah satunya adalah pilihlah teman yang sholeh. Seperti kata pepatah, jika kita berteman dengan tukang minyak wangi maka kita akan ikut wangi. Jadi carilah teman yang baik dalam agama sehingga Anda juga akan ikut menjadi baik.

9. Jangan Jadi Stalker
Kebanyakan orang yang susah move on adalah orang-orang yang masih saja menguntit mantannya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung seperti melalui media social. Berhentilah mencari tahu kabar mantan Anda agar Anda tidak semakin dibayangi oleh sosoknya.

10. Menikah
Cara terakhir adalah dengan meniatkan menikah. Niatkan dalam hati bahwa Anda mencari pasangan baru untuk menikah, bukan untuk pacaran. Niatkan bahwa Anda menikah karena Allah bukan pula karena ingin cepat melupakan mantan. Insya Allah, Ia akan memberikan pasangan terbaik bagi Anda.

No comments:

Post a Comment