Jangan Lalaikan Doa Kalian - FKDI Indonesia

Tuesday, April 24, 2018

Jangan Lalaikan Doa Kalian

๐Ÿ’ฅ Jangan Lalaikan Doa Kalian ๐ŸŒฑ

๐ŸƒDoa adalah salah satu ibadah yang dicintai Allah. Doa merupakan salah satu dzikir yang sangat utama bagi setiap Muslim, karena dengan doa seseorang hamba akan merasakan lemahnya dirinya dihadapan Rabb-nya dan menunjukkan butuhnya dirinya kepada petolongan Rabb-nya tatkala menghadapi musibah dan kesulitan. Allah berfirman,

 ูˆู‚ุงู„ ุฑุจูƒู… ุงุฏุนูˆู†ูŠ ุฃุณุชุฌุจ ู„ูƒู… ุฅู† ุงู„ุฐูŠู† ูŠุณุชูƒุจุฑูˆู† ุนู† ุนุจุงุฏุชูŠ ุณูŠุฏุฎู„ูˆู† ุฌู‡ู†ู… ุฏุงุฎุฑูŠู†.

“Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina" (QS. Al-Mukmin : 60).

Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุดู„ู… bersabda, "Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali kebaikan" (HR Al-Hakim dan At-Tirmidzy dihasankan Al Albany dalam Al Jami' : 7687).

๐ŸŒดBanyak ayat Al-Qur'an dan hadits Nabi yang sohih yang menerangkan keutamaan doa, sehingga jangan sampai kita lalai dari keutamaannya.

๐ŸŒด Diantara keutamaan doa adalah :

๐ŸŒฑ 1. Allah pasti akan mengabulkan setiap doa hambanya

Firman-Nya,

ูˆุฅุฐุง ุณุฃู„ูƒ ุนุจุงุฏูŠ ุนู†ูŠ ูุฅู†ูŠ ู‚ุฑูŠุจ ุฃุฌูŠุจ ุฏุนูˆุฉ ุงู„ุฏุงุน ุฅุฐุง ุฏุนุงู† ูู„ูŠุณุชุฌูŠุจูˆุง ู„ูŠ ูˆู„ูŠุคู…ู†ูˆุง ุจูŠ ู„ุนู„ู‡ู… ูŠุฑุดุฏูˆู†.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. Al-Baqoroh : 186).

๐ŸŒฑ 2. Doa adalah ibadah

Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

 ุงู„ุฏุนุงุก ู‡ูˆ ุงู„ุนุจุงุฏุฉ

”Doa adalah ibadah" 

Lalu beliau membaca ayat, "Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina" (QS. Al Mukmin : 60)" (HR Abu Dawud, At-Timidzy disohihkan Al-Albany Al-Jami' 3401).

๐ŸŒฑ 3. Doa adalah perkara yang paling Mulia disisi Allah

Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

 ู„ูŠุณ ุดูŠุฆ ุฃูƒุฑู… ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู…ู† ุงู„ุฏุนุงุก

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa” (HR At-Tirmidzy disohihkan Al Albany, 3/138)

๐ŸŒฑ 4. Kemurkaan Allah pada orang-orang yang tidak mau meminta kepada-Nya

Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, “Siapa yang tidak meminta kepada Allah, Allah akan murka kepadanya” (HR. Ahmad dan At Tirmidzy disohihkan Al Albany 3/181)

๐ŸŒฑ 5. Setiap doa pasti akan mendatangkan kebaikan

Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda, ”Tiada seorang muslim yang berdoa dengan satu doa yang di dalamnya tidak adaa unsur dosa dan pemutusan tali silaturrohmi, melainkan Allah akan memberinya satu dari tiga perkara; doanya akan segera dikabulkan; atau akan disimpan untuknya di akherat kelak; atau akan dihindarkan dari keburukan yang semisal dengan permintaannya."

Para Sahabat berkata, "Kalau begitu kami akan banyak berdoa"

Nabi menyahut, "Allah lebih banyak lagi karunia-Nya" (HR. Ahmad disohihkan Al Albany dalam At Targhieb : 1633)

๐ŸŒฑ 6. Allah ุชุนุงู„ู‰ malu kepada hambanya bila menengadahkan kedua tangannya meminta kepadanya, lantas ditolaknya

Dari Slaman Al-Farisy, RasuluLlah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

ุฅู† ุฑุจูƒู… ุชุจุงุฑูƒ ูˆุชุนุงู„ู‰ ุญูŠูŠ ูƒุฑูŠู… ูŠุณุชุญูŠ ู…ู† ุนุจุฏู‡ ุฅุฐุง ุฑูุน ุฅู„ูŠู‡ ูŠุฏูŠู‡ ุฃู† ูŠุฑุฏู‡ู…ุง ุตูุฑุง.

“Sesungguhnya Rabb kalian Maha Pemalu lagi Maha Mulia, Dia malu kepada hamba-Nya bila menengadahkan kedua tangannya kepada-Nya lantas  Dia menolaknya (tidak mengabulkannya)" (HR.Abu Dawud, At Tirmidzy dan Ibnu Majah disohihkan Al Albany dalam Jami’, At Tirmidzy 3/179)

๐ŸŒฑ 7. Doa adalah senjata orang Mukmin

Doa merupakan sebab terkuat untuk menolak sesuatu yang tidak diinginkan, memperoleh yang diminta, dan obat yang paling bermanfaat.

Doa adalah pencegahnya malapetaka, karena bisa menolak, mengobati, mencegah agar tidak turun, menyingkirkan atau meringankannya bila telah terjadi. Doa adalah senjata orang mukmin.


๐ŸŒด Kedudukan doa berkaitan dengan bala’ ada tiga :

1. Doa lebih kuat dari bala’ sehingga bisa menolaknya.

2. Doa lebih lemah dari bala’ sehingga musibah bisa menimpa seorang hamba. Akan tetapi doanya tetap dapat meringankan penderitaannya meski doa itu lemah.

3. Keduanya saling berlomba dan masing-masing berusaha untuk mengalahkannya. (Al Jaawabul Kafi).

Nabi bersabda, ”Doa itu bermanfaat untuk mencegah bala’ yang telah diturunkan oleh Allah maupun yang belum diturunkan, karena berdoalah kalian wahai hamba Allah” (HR. Ahmad, Al Hakim dihasankan Al Albany Shoih Al Jami’, 3402)

ูˆَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ุจِุงู„ุตَّูˆَّุงุจ

๐ŸŒฑSumber: Syurutud Du’a  wamawani’ul Ijabah, DR Sa’id bin Wahf Al-Qohtony

Semoga bermanfaat


Akhukum fiLlah,


๐ŸŒด Satria Ibnu Abiy
telegram.me/khairunnaas
Follow IG saya ya @satria554
https://www.youtube.com/channel/UCw4XID1fBoC7hysXqCRyeXA

No comments:

Post a Comment