RAHASIA PINTAR AGAR CEPAT HAMIL - FKDI Indonesia

Sunday, October 8, 2017

RAHASIA PINTAR AGAR CEPAT HAMIL

Ilustrasi dari google

Edisi        : Senin, 2 Oktober 2017
Muwajjih :  Ustadzah Nurul Ulliyah

RAHASIA PINTAR AGAR CEPAT HAMIL

Setelah pernikahan terjadi, biasanya pasangan suami istri memendam keinginnab untuk segera punya anak. Namun tidak semua pasangan bisa mendapatkan momongan dengan cepat. Banyak faktor yang mempengaruhi kapan seorang wanita bisa hamil. Mulai dari faktor psikologis seperti stress atau banyak fikiran hingga faktor fisik seperti pola makan yang tidak sehat atau kurangnya berolah raga.

Tingkat kesehatan organ reproduksi setiap pasangan sangat berpengaruh pada mudah atau sulitnya mereka mendapatkan keturunan. Untuk perempuan, idealnya dilakukan pemeriksaan lengkap terkait dengan ada atau tidaknya kelainan organik.

Misal: Bagaimana Posisi Rahim? Adakah kista, mioma, atau penyakit lain yang mungkin sedang diderita, perlu periksa apakah ada kelainan hormonal atau infeksi.

Untuk suami, idealnya perlu dilakukam analisis sperma untuk menentukan apakah air mani yang diproduksi mampu membuahi sel telur pasangannya atau tidak.

BEBERAPA TEKNIK AGAR CEPAT HAMIL

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar mudah mendapatkan kehamilan

1⃣ Cari Tahu Masa Subur, waktu terbaik untuk konsepsi (pembuahan)

Waktu terbaik untuk pembuahan adalah saat masa subur atau ovulasi. Oleh karena itu, melakukan hubungan seks sebelum saat ovulasi adalah lebih baik demi meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, daripada sehari atau dua hari setelahnya.

🔹 Cara menentukan masa subur:
Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan cara:

Mencatat Perubahan Periode Menstruasi

Menurut Periode Menstruasi, Masa subur wanita setelah menstruasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu puncak masa subur dan masa subur biasa. Puncak masa subur biasanya terjadi pada 13 atau 14 hari setelah haid hari pertama. Sedangkan masa subur biasa, akan terjadi kurang lebih tiga hari setelah atau sebelum menuju puncak masa subur tersebut.

Misal haid hari pertama bulan ini tanggal 10.

Berarti puncak masa subur diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23 bulan ini. Sedangkan masa subur biasa akan terjadi pada tanggal 20, 21, 22 dan tanggal 24, 25, 26. Jadi, masa suburnya terjadi mulai tanggal 20 sampai tanggal 26.

Tetapi, untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur, harus melakukan penghitungan yang sedikit rumit. Karena harus mencatat dan mengingat siklus haidnya minimal selama 6 bulan terakhir, bisa juga dengan memakai alat penanda masa subur.
2⃣ Cari Tahu Basal Tubuh Temperatur(BBT)

Biasakan untuk mencatat suhu pertama setiap pagi dan mencari tahu perubahannya. Banyak perempuan yang BBT-nya sedikit menukik(turun terus) sekitar satu atau dua hari sebelum ovulasi. Hal ini menandakan bahwa masa ovulasi sudah dekat dan dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Lakukan hubungan seks hari itu dan dua hari setelahnya. Karena saat itu cairan serviks sangat optimal dalam mengantarkan sel sperma menuju sel telur dan melakukan pembuahan.

Ingat Sperma bisa hidup di dalam tubuh seorang wanita selama 48-72 jam.
3⃣ Memeriksa Lendir Servik atau mulut rahim

Pada hari pertama setelah periode haid, lendir servik akan cenderung kering dan rapuh. Sebaliknya, jika masa ovulasi akan datang, lendir servik akan lebih lengket dan basah. Ini yang menandakan awal masa subur.

Lendir yang seperti putih telur mentah menandakan ovulasi yang segera bisa terjadi, hanya dalam waktu beberapa jam saja, ini waktu yang paling subur.
4⃣ Mengonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergaya Hidup Sehat

Atur pola makan yang sehat setiap hari. Pola makan sehat akan membuat tubuh sehat dan bugar. Pastikan tubuh cukup nutrisi.

Ingat bahwa seorang wanita yang sehat memiliki lebih banyak kemungkinan untuk hamil daripada wanita yang sakit-sakitan dan BB tidak ideal(berlebihan atau kurang).

Sebaiknya pasangan yang ingin segera memiliki anak menghindari lingkungan yang tinggi tingkat polusi udaranya. Pola makan serba instan, gaya hidup dan lingkungan yang mendatangkan strespun hendaknya ditinggalkan, dan jangan lupa olah raga.

Konsumsi rutin buah dengan kadar vit.C yang tinggi. Karena buah yang mengandung vit.C kaya akan asam folat, asam folat sangat vermanfaat besar pada wanita yang ingin segera hamil.

Contoh buah yang mengandung vit.C tinggi adalah buah kiwi.

Menurut penelitian, buah kiwi memiliki kandungan vit.C 2x lipat dibanding jeruk, dan 5x lipat dibanding apel.
5⃣ Optimis dan Berpikiran Positif

Seorang istri lebih baik menghindari perasaan depresi atau stres karena belum bisa hamil, dan seharusnya lebih bisa memotivasi diri sendiri dan terus mencoba upaya2 kehamilan yang disarankan baginya.

Rasa panik, tertekan,dan stress akibat belum bisa hamil justru bisa menjadi bumerang. Makin stres seorang wanita, akan makin sulit baginya untuk bisa hamil.

💡 Satu hal yang wajib diingat: Jangan berfikiran bahwa memiliki anak merupakan suatu kewajiban bagi orang yang sudah menikah. Ini salah.
Tahukah bunda?? Memiliki anak adalah sebuah karunia dari Allah ﷻ, jadi bukan merupakan suatu kewajiban.
6⃣ Nikmatilah Proses Hubungan Seksual Anda

💡 Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang wanita mencapai orgasme, di vaginanya akan terbentuk suasana alkaline (basa). Dan sperma lebih menyukai susana basa daripada kondisi normal vagina (asam).

Jika seorang istri mencapai orgasme pada saat yang bersamaan atau sesaat sesudah suaminya ejakulasi, maka kesempatan sperma selamat sampai serviks pun meningkat.

Karena orgasme hanya terjadi jika sepasang suami-istri menikmati hubungan seksual mereka.

Para ahli menganjurkan pasangan yang sedang menanti kehamilan untuk tetap menjadikan hubungan seksual sebagai hal yang menyenangkan. Bukan hanya sebagai kewajiban mendapatkan keturunan saja.
7⃣ Minum Madu

Bila lama tak kunjung punya anak, cobalah minum madu 2 sendok makan pagi dan malam.

Insya Allah sebagaimana firman Allah ﷻ bahwa madu dapat menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakin mandul
8⃣ Konsultasikan dengan dokter

Apabila anda merasa tubuhnya sudah fit, dan berbagai macam cara sudah dicoba tapi tak kunjung hamil.

Segeralah konsultasikan pada dokter, agar dilakukan pemeriksaan bersama,dan segera diketahui penyebab yang mungkin menghambat kehamilan anda.
9⃣ Berdoa dengan sungguh sungguh

Setelah berusaha, jangan lupa dilengkapi dengan berdo'a. Ingat, manusia berusaha, Allah ﷻ yang menentukan. Berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Allah ﷻ segera mengabulkan doa anda.

Ada beberapa doa mustajab yang bisa membantu untuk mendapatkan keturunan.

Ada Doa Nabi Zakariya yaitu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Ali Imran : 38

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاء

Artinya : "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa".

Ada juga doa Nabi Ibrahim yang tercantum dalam Al-Qur'an surat As Shaafaat :100 dan An Nahl : 78.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Demikian tips2 agar mempermudah mendapatkan kahamilan..

Semoga Bermanfaat🙏🏻

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

No comments:

Post a Comment