Fakta Dibalik Mitos Masyarakat Tentang Kehamilan - FKDI Indonesia

Sunday, October 8, 2017

Fakta Dibalik Mitos Masyarakat Tentang Kehamilan

Ilustrasi dari Google

Hari / Tanggal : Kamis, 28 September 2017
Narasumber : Ustadzah Nurul Ulliyah

Fakta Dibalik Mitos Masyarakat Tentang Kehamilan

1⃣ Ibu hamil yang mengidam jika tidak dituruti, si Bayi akan ngiler (bahasa jawa)

Fakta: Mengidam ini hanya mitos yang berkembang di masyarakat saja, ngidam ini terjadi, karena ibu hamil yang ingin dimanja suaminya.. Jadi dia menginginkan makanan tertentu agar dituruti si suami.

Jadi tidak ada hubungannya, antara bayi yg ngiler dan ngidam

2⃣ Minum air kelapa sewaktu hamil dapat mempercepat persalinan

Fakta: Belum ada penelitian yang membuktikan mitos ini. Lancarnya persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun, air kelapa muda memang berkhasiat untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih

3⃣ Minum susu kedelai akan membuat bayi berkulit putih

Fakta: Minum susu kedelai tidak berpengaruh pada kulit bayi. Warna kulit bayi diturunkan secara genetis dari orang tuanya.

4⃣ Minum Es Ketika Hamil Menyebabkan Janin Tumbuh Besar

Fakta: Minum Es Selama kehamilan tidak akan menyebabkan jamin memjadi besar, kecuali jika ibu hamil minum es yang ditanbah sirop, madu, atau gula yang berlebihan. Kandungan gula yang berlebih ini yag menyebabkan bayi memiliki berat diatas normal.

Selain kelebihan gula, ukuran janin yang besar bisa juga ditentukan oleh faktor genetik dan asupan nutrisi, atau karena penyakit tertentu pada ibu seperti diabetes.

5⃣ Ibu hamil tidak boleh makan pisang, nanas dan mentimun

Fakta: Mitos ini banyak dipercaya oleh orang jawa, karena menurut mereka makan pisang, nanas, atau mentimun bisa menyebabkan keputihan, bahkan nanas dapat menyebabkan keguguran. Anggapan ini tidak benar.. Justru Pisang, nanas, dan mentimun kaya akan vit.C dan serat.. Jadi ini diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

6⃣ Ketika hamil, ibu harus berhenti minum kopi

Fakta: Minum Kopi dalam jumlah kecil tidak akan berpengaruh pada bayi, tetapi jangan minum lebih dari 3 cangkir, sebab kafein dalam junlah besar dapat menyebabkan bayi lahir dg BB rendah, bahkan sampai terjadi kematian bayi. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengalami peningkatan refluks asam lambung dan nyeri ulu hati.

7⃣ Ibu hamil dilarang makan Asam

Fakta: Sama halnya dengan makanan pedas, makanan asam tidak disarankan bagi ibu hamil, karena bisa memicu meningkatnya asam lambung, dan maag. Apalagi umumnya kadar asam lambung ibu saat hamil meninngkat. Hal ini bisa lebih memberatkan.

8⃣ Berhubungan intim saat hamil akan menyakitkan bayi yang dikandung

Fakta: Jika ibu memiliki kehamilan berisiko rendah, tidak ada pantangan. Mungkin ibu disarankan untuk menghindari seks jika memiliki sejarah keguguran, atau karena kehamilannya beresiko tinggi.

9⃣ Ibu Hamil dianjurkan mengurut perutnya

Fakta: Mitos ini banyak dipercaya masyarakat. Padahal mengurut perut ibu hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan gangguan janin, janin bisa mengalami stress atau tekanan. Ini dapat menyebabkan pertumbuhannya terganggu.

๐Ÿ”Ÿ Jika Perut terbentur sesuatu, maka akan berpengaruh pada bayi.

Fakta: Ibu tidak perlu khawatir, karena di dalam kandungan, janin terlindungi oleh cairan amnion atau ketuban. Tapi jika ibu sampai mengalami kram atau perdarahan, harus segera ke dokter.

1⃣1⃣ Penerbangan tidak aman untuk ibu hamil

Fakta: Aman saja, asal kehamilannya menginjak trimester 2 atau 3, dan tidak terjadi penyulit saat kehamilan

1⃣2⃣ Wanita hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang. Jika itu dilakukan, bisa menimbulkan cacat pada janin sesuai perbuatan itu

Fakta: Tentu tidak demikian, pendapat itu hanya mitos saja. Namun yang perlu diingat, bahwa membunuh atau menganiaya binatang adalah perbuatan dosa dan tidak dibenarkan.

1⃣3⃣ Wanita hamil dilarang menutup lubang atau menjahit, karena dapat menyulitkan proses persalinan

Fakta: Sulitnya persalinan bukan  ditentukan oleh hal tersebut, tapi tergantung pada 3P, yaitu Power (Kontraksi), Passage(Jalan Lahir),Passanger(Ukuran Bayi). Proses persalinan berjalan baik jika ketiga komponen tersebut dalam kondisi baik

1⃣4⃣ Ibu hamil harus memakai Tali hitam yang dilingkarkan di perut bagian atas rahim, agar posisi bayi dalam kandungan tidak naik lagi

Fakta: Perlu difahami bahwa posisi bayi di dalam kandungan mengalami tahapan2. Kepala bayi akan masuk ke rongga panggul saat menjelang persalinan. Jadi tidak perlu diikat ikat dengan tali.. Karena ini proses alamiah.

1⃣5⃣ Ibu hamil disarankan memasang gunting atau pisau kecuk agar janin terhindar dari bahaya

Fakta: Mitos ini sama sekali tidak benar. Yang membahayakan justru apabila gunting atau pisau kecil sampai menusuk kulit ibu.

1⃣6⃣ Selama hamil, si ibu tidak boleh menyusui bayinya, karena nutri pada janin yang dikandung kurang

Fakta: Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Selama sang ibi sehat,maka menyusui tidak akan merugikan. Baik pada bayi yang sedang dikandung maupun batitanya. Kecuali pada ibu yang kurang energi protein(KEK), terlalu kurus, ini yang tidak diperbolehkan.

1⃣7⃣ Mengadopsi anak membuat wanita lebih mudah hamil

Fakta: Jika dilihat lebih dalam lagi, mungkin hal ini dapat terjadi, karena psikologis kondisi ibu lebih tenang, sehingga organ reproduksi dapat bekerja optimal dan mempermudah pembuahan.

Pesan: Untuk ibu hamil dg lingkungan yang sangat kental dg adat jawa

saya sarankan agar Lebih selektif lagi jika disuruh oleh orang tua atau orang2 terdekat untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dg adat.

Jika itu baik lakukan, jika tidak baik tinggalkan, agar tidak berdampak buruk juga pada ibu dan janinnya๐Ÿ˜Š

Mengapa bisa terjadi mengidam pada ibu hamil??

Hal ini terjadi, selain karena faktor psikologis ibu yang spt kemarin saya jelaskan yaitu ingin dimanja suami, dsb.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa saat ngidam jenis makanan tertentu, sebenarnya tubuh ibu hamil sedang membutuhkan zat gizi yang terdapat di makanan tersebut.

Contohnya, ibu hamil yang ngidam daging-dagingan, misal steak, dll kemungkinan menjadi pertanda bahwa tubuhnya kekurangan asupan protein.

Atau ketika ibu tiba-tiba ingin makan asinan, itu mungkin cara tubuh memberi tahu bahwa tubuh membutuhkan sodium.

Dan untuk ibu hamil yang ngidam sesuatu yang jika dimakan bisa membahayakan dirinya dan janin, seperti sabun, krayon, bedak, atau benda-benda lain kemungkinan itu jadi pertanda bahwa tubuhnya zat besi.

Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena ada teori juga yang menyebutkan tidak demikian.

Ngidam pada ibu hamil lebih cenderung disebabkan oleh faktor perubahan hormon

Tingginya kadar hormon saat hamil dapat mengubah persepsi ibu hamil terhadap aroma dan rasa. Hal ini mengakibatkan ibu hamil menginginkan jenis makanan tertentu atau malah menghindari makanan tertentu.

Naiknya hormon ini menyebabkan terjadi dua fase selama kehamilan.

Yang pertama terjadi saat awal kehamilan ibu hamil seolah menjadi sangat sensitif terhadap aroma makanan tertentu yang menyebabkan terjadi mual muntah (morning sickness), cenderung tidak nafsu makan dan menghindari jenis makanan tertentu.

Fase berikutnya terjadi ketika ibu hamil mengalami ngidam.

Jadi sangat disarankan, jika ibu hamil mengalami keinginan sesuatu yang kurang baik, misalkan makan sabun, dll sebaiknya dibatasi, dan tidak dituruti.

#Kajian Parenting Islamiyah

No comments:

Post a Comment