JERAWAT - FKDI Indonesia

Saturday, May 6, 2017

JERAWAT

Ilustrasi dari Google

JERAWAT

Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.

Faktor-faktor penyebab jerawat.


Jerawat bisa muncul pada usia berapa pun, namun perubahan kadar hormon selama masa puber kerap dikaitkan dengan penyebab-penyebabnya. Perubahan hormon tersebut berdampak kepada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit. Peningkatan aktivitas kelenjar ini menyebabkan produksi sebum pada wajah juga bertambah. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit yang mati, kemudian menyumbat pori-pori. Pada saat pori-pori tersumbat dan dengan banyaknya sebum pada permukaan kulit, bakteri yang disebut Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat. Bakteri ini merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionobacterium acnes melepaskan semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dari iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, disamping itu juga menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit.


Penting untuk menjaga kebersihan kulit di area yang berjerawat, meski itu tidak akan mencegah munculnya jerawat baru. Basuh area tersebut dua kali sehari dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah. Agar tidak mengalami iritasi, jangan menggosok kulit terlalu keras.

Pengobatan jerawat membutuhkan kesabaran. Tidak disarankan untuk memencet jerawat karena akan meninggalkan bekas luka permanen. Biasanya pengobatan akan menunjukkan hasil optimal dalam tiga bulan.

Umumnya kesembuhan penyakit ini baik dan umumnya sembuh sebelum mencapai usia 30-40 tahun.


           TANYA JAWAB

  1. Bintik bintik di bawah mata itu jerawat batu atau komedo, Dok?? Terkadang gatal-gatal bagaimna cara menghilangkannya ? Apa perlu di laser, Dok? Jawab : Biasanya bintik-bintik di bawah mata bisa komedo putih (tertutup) lebih kedalam kulit. Dan bisa juga penyebabnya karena genetik. Bila bintik-bintiknya besar pengobatannya bisa dengan cutter, laser, tapi kemungkinan kambuh ada terutama bila dipicu oleh genetik. Pengobatannya juga bisa dengan pemberian krim yang mengandung asam salisilat (Nama dagang nya, bisa afucid, foban, futaderm)
  2. Maaf, bagaimana mengatasi jerawat batu, Dok?  Jawab : Gunakan sabun atau pembersih wajah ringan, serta air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat. Sebaiknya hindari menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena bisa membuat jerawat makin parah. Jangan terlalu sering mencuci area kulit yang berjerawat karena hal tersebut hanya akan memperparah iritasi, cukup cuci dua kali dalam sehari. Atur rambut sebisa mungkin agar tidak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih. Jangan mencoba menghilangkan komedo dengan cara menekannya karena justru akan memperparah dan meninggalkan bekas luka. Jangan pakai kosmetik atau rias wajah secara berlebihan. Sebaiknya gunakan produk kosmetik berbasis air yang tidak memiliki efek menghalangi pori-pori kulit. Bersihkan seluruh rias wajah sebelum tidur.
  3. Agar kulit tetap terjaga kelembabannya di usia 40 an bagaimana caranya, Dok ? Jawab : pakailah pelembap berbasis air yang tidak mengandung unsur parfum. Gunakan masker alami seperti putih telur, alpukat, tomat, dapat mempertahankan kelembaban kulit kita 
  4. Kalo jerawat yang sudah terlanjur di pencet terus meninggalkan bopeng, itu gimna cara menghilangkannya, Dok? Jawab : sedikit sulit memperbaiki kulit yang sudah meninggalkan bekas/bopeng, namun bisa di coba dengan sering melakukan perawatan wajah, pemakaian masker rutin 2x/seminggu, masker alami juga baik.
  5. Apakah saat banyak jerawat, lalu di facial itu diperbolehkan? Kadang setelah facial malah muncul jerawat baru, karena apa itu, Dok ? Jawab : Boleh saja, asal jerawat yang muncul jangan di pencet. Bisa jadi bukan karena setelah facial nya. Jerawat muncul karena adanya penyumbatan pori2 kita, dan facial mengangkat kotoran di dalam kulit sehingga bisa jadi munculnya jerawat itu bentuk utk membersihkan kotoron dibawah kulit wajah.
  6. Untuk menyamarkan bekas jerawat memakai apa ? Termasuk meyamarkan atau mengecilkan pori-pori yang besar di area dekat hidung wilayah T.  Jawab : Pastikan kulit wajah bersih, bisa gunakan obat medklin Tr.
  7. Dok, cara  ngilangin jerawat sama bekasnya gimana? Lalu bagaimana cara mencegah supaya tidak muncul lagi? Jawab :  Lapisan dalam folikel rambut juga menebal akibat perubahan kadar hormon dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori ini tidak akan hilang, meski kulit telah dibersihkan. Selain pada masa puber, jerawat juga bisa dialami para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan masa kehamilan. Jerawat juga diketahui sebagai faktor keturunan. Kemungkinan besar seseorang akan memiliki jerawat jika kedua orang tua berjerawat juga. retinoid topikal juga mampu mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak. Obat-obatan retinoid topikal yang umum dipakai adalah tretinoin dan adapalene,  tersedia dalam bentuk krim dan gel. Obat ini biasanya dipakai sekali sebelum tidur, yaitu 20 menit setelah Anda mencuci wajah. Nama dagang: reticor, retin A, tracne, trentin. Bagi wanita hamil, retinoid topikal patut dijauhi karena dapat menyebabkan cacat lahir. Selain itu, pakailah obat ini sesuai takaran dan lindungi kulit yang teriritasi dari paparan sinar ultraviolet matahari yang berlebihan.
  8. Usia sekarang 23 tahun sudah coba obat dari yang kimia sampai herbal, tapi tidak bisa hilang dan tetap muncul langganan jerawat, menurut dokter apa ada kelainan lain? dan apakah benar letak jerawat muncul itu ada kaitannya dengan penyakit lainnya, ada yang bilang jerawat di kening itu karena orang tersebut stress ? Jawab : Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa jerawat merupakan keadaan yang seringkali terjadi pada usia remaja, dan sebanarnya jerawat dapat tumbuh di bagian manapun dari tubuh. Pada dasarnya jerawat dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus, akan tetapi kadangkala kita sendiri yang malah memperburuk keadaan jerawat, seperti memencet maupun memegang - megangnya. Keterkaitan tumbuhnya jerawat di area wajah tertentu dengan penyakit medis yang terdapat di tubuh dalam dunia medis belum ada pembuktiannya. Oleh karena itu rawatlah wajah anda agar terhindar dari jerawat.


Pemateri : Dokter Lia
Edisi.      : Jum'at, 5 Mei 2017

Kajian Dakwah FKDI

No comments:

Post a Comment