Wahai Muslimah Perbaiki Akhlakmu - FKDI Indonesia

Friday, February 3, 2017

Wahai Muslimah Perbaiki Akhlakmu


*Wahai Muslimah Perbaiki Akhlakmu*


Iman itu berbanding lurus dg akhlak, semakin tinggi iman seseorang, semakin bagus akhlaknya.

Akhlak adalah budi pekerti luhur, tingkah laku mulia, adab sopan dan santun serta perilaku yg terpuji.

Rasul bersabda
أكمل المؤمنين إيمانا أحسنهم خلقا

org beriman yg paling sempurna imannya adalah yg paling bagus akhlaknya. (HR. Tirmidzi, disahihkan oleh Syekh Al Albani).

Adapun ilmu yg tinggi ataupun amal yg banyak bukan jaminan tingginya iman, jika ilmu tsb tidak bermanfaat dan amal tersebut tidak memberikan bekas yg baik.

Seharusnya dari ilmu membuahkan iman, dari iman mendorong melakukan amal saleh, dari amal saleh berpegaruh menjadi jiwa yg baik.

Sbgmana firman Allah

إن الصلاة تنهى عن الفحشاء و المنكر

sesungguhnya shalat mencegah dari
perbuatan keji dan munkar. (QS. Alankabut: 45).

Dan terkadang ada org yg melakukan suatu kebaikan tp kita tidak pernah tau kualitas keikhlasannya.

Ketika Rasulullah ditanya apakah sesuatu yg paling banyak menyebabkan manusia masuk surga, jawabnya adalah taqwa dan akhlak mulia

Akhlak yg mulia didapat dari pengetahuan yg tinggi perihal Allah, perihal Rasulullah, dan segala sesuatu mengenai Islam. Sebab akhlak yg mulia di sini haruslah sesuai dg Alquran dan hadis,. Bukan hanya sekedar mengindahkan etika dan norma masyarakat.

Misal; ada wanita yg baik, ramah, suka menolong orang, dermawan, namun tidak menurup aurat yaitu tidak mengenakan kerudung dan baju syar'i, maka wanita ini masuk kategori berakhlak yg buruk yaitu meskipun baik di mata masyarakat namun buruk di mata syariat sbb akhlaknya kpd Allah sangat buruk. Dan banyak contoh2 yg lain.

Akhlaq kpd Allah harus didahulukan drpd akhlaq kpd manusia. Idealnya, seorang muslim harus memperbaiki hubungannya dg Allah, namun juga berperangai baik thd sesama manusia. Akan tetapi banyak kita dapati org2 yg berkelakuan baik di masyarakat dan di lingkungan keluarga, namun tidak rajin beribadah, bahkan di saat sepi tidak banyak yg melihat, dia sering melakukan hal sia2 dan dosa.

Akhlak yg mulia adalah ketika seseorang mampu menerapkan nilai2 yg ada dalam Alquran dan hadis dalam kehidupannya. Aisyah radhiyallahu anha mengisahkan akhlaq Rasulullah mengatakan
كان خلقه القرآن
Rasulullah akhlaknya adalah alquran,. Sehingga banyak yg mengatakan bhw beliau adalah Alquran berjalan. (HR. Muslim).

Mengenai watak,. Maka setelah berikrar menjadi muslim, watakpun juga harus diislamkan. Beruntunglah org yg wataknya disiapkan oleh Allah sesuai dg Islam.

Ya Allah, perbaikilah akhlak dan perilaku kami sebagaimana Engkau telah memperindah bentuk penciptaan kami

by : Ustadz Zein
Edisi : 27 Januari 2017

No comments:

Post a Comment