REINKARNASI MENURUT ISLAM - FKDI Indonesia

Saturday, February 4, 2017

REINKARNASI MENURUT ISLAM


*REINKARNASI MENURUT ISLAM*

Reinkarnasi berasal dari kata latin re-in-carnis. Re artinya kembali atau pengulangan. In artinya di dalam, Carnis artinya daging. Jadi reinkarnasi artinya kembali menjadi daging, menjelma menjadi daging, dilahirkan kembali menjadi mahluk yang berdaging.

Carnivora adalah mahluk pemakan daging.
Dengan kata lain reinkarnasi adalah perpindahannya didalam diri manusia atau lainnya. Dan bahwa sengsara atau bahagianya tergantung pada kebersihan dan keburukannya. Jika jiwanya jahat maka dirinya akan berbentuk seperti keburukannya itu, ia bisa berbentuk anjing, babi atau lainnya.
Jika dirinya telah menyelesaikan hukuman dari keburukannya itu maka ia akan berpindah dari seekor kera kepada kera yang lainnya. Akan tetapi jika dirinya belum menyelesaikannya maka ia akan berindah ke bentuk yang lebih buruk lagi hingga dirinya menyelesaikan hukumannya itu. Sedangkan jika jiwanya baik maka ia akan berubah bentuk kepada yang lebih tinggi (baik).”

Tujuan dari reinkarnasi ini adalah menafikan hari perhitungan (hisab), surga dan neraka… dan didalam keyakinan ini tampaklah pendustaan terhadap nash-nash wahyu dan ijma kaum muslimin.

Tidak mungkin roh manusia bertemu dengan roh hewan atau salah satunya berpindah ke yang lainnya, ini yang disebut dengan reinkarnasi roh yang tidak dibenarkan akal dan tidak diterima oleh syariat.
Ahli Ilmu menyebutkan bahwa perkataan seperti itu adalah perkataan kufur keluar dari agama.
Al Lajnah ad Daimah didalam fatwanya tentang permasalahan ini menyebutkan bahwa… perpindahan roh manusia dari seorang manusia kepada yang lainnya tidaklah benar.

Dasar dari itu adalah firman Allah swt :
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِن بَنِي آدَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنفُسِهِمْ أَلَسْتَ بِرَبِّكُمْ قَالُواْ بَلَى شَهِدْنَا أَن تَقُولُواْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ
Artinya : “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah aku ini Tuhanmu?” mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi”. (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”. (QS. Al A’raf : 172)

_*Ayat-ayat yang dianggap sebagai bukti reinkarnasi dalam Quran*_

" Bagaimana kamu ingkar kepada Allah padahal kamu (tadinya) mati lalu Dia menghidupkan kamu! Kemudian Dia mematikan kamu, kemudian Dia menghidupkan kamu kembali , dan kemudian kepada-Nya kamu dikembalikan ." ( QS. al Baqarah , 28 )
" Mereka berkata: Ya Tuhan kami ! Dua kali Engkau membuat kami mati , dan dua kali Engkau membuat kita hidup . Sekarang kami mengaku dosa kami . Apakah ada kiranya jalan keluar ? "
( QS. al Mu'min , 11 )
Kematian pertama yang disebutkan dalam ayat ini mengacu pada bentuk zigot manusia yang ada di rahim ibunya yang belum ada ruhnya.Kemudian penciptaan pertama adalah menghidupkan zigot dengan ditiupkan ruh di dalam rahim . Kematian kedua wafatnya manusia dan penciptaan kedua adalah dibangkitkannya manusia keluar dari kubur dan dikumpulkan di padang luas yang disebut " mahsyar " . (Tafsir Jalalayn )

_Quran dengan tegas menolak doktrin reinkarnasi_ :
Ada begitu banyak ayat-ayat Alquran yang dengan jelas menolak doktrin reinkarnasi
" Dan tidak mungkin bagi (penduduk) suatu negri yang telah Kami binasakan,bahwa mereka tidak akan kembali " ( QS. al Anbiya , 95)
" Tidakkah mereka mengetahui berapa banyak umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka,yang memang tidak kembali kepada mereka," ( QS. al Yasin , 31 )
" Sehingga saat kematian datang kepada salah satu dari mereka , ia berkata : Ya Tuhanku ! kembalikanlah aku ,
agar aku dapat melakukan kebajikan yang telah aku tinggalkan! Sekali-kali tidak ! Sungguh itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Dan di belakang mereka ada penghalang sampai hari ketika mereka dibangkitkan " ( QS. al Muminun , 99-100 )
Seperti yang tercantum dalam ayat-ayat tersebut , tidak ada kembali ke kehidupan duniawi setelah kematian,ruh akan menunggu di al- barzakh ( alam kubur setelah kematian ) sampai hari kiamat
Seperti sebagian orang mencoba mengemukakan beberapa ayat Taurat dan Injil sebagai bukti reinkarnasi,sebagian juga mencoba untuk mendukung pandangan mereka dengan ayat-ayat Alquran.Namun, karena doktrin reinkarnasi adalah ide palsu yang tidak didasarkan pada sumber ilahi, ide itu benar-benar bertentangan dengan Islam,sehingga tidak mungkin terdapat bukti reinkarnasi dalam Al-Quran . Sebenarnya , yang dikatakan sebagai bukti tersebut hanyalah komentar pribadi tentang beberapa ayat dari mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang Al-Quran .

By : Ustadzah Nimas
Edisi : Selasa, 24 Januari 2017

No comments:

Post a Comment