Kenali Musuhmu - FKDI Indonesia

Thursday, February 23, 2017

Kenali Musuhmu


_*Mengenal Jin, Iblis dan Syetan (Kenali Musuhmu)*_

Jaan >>jin>Iblis>>Syaitan
Jin>1. Beriman
2. Ateis
3. Kafir (Yahudi dll)
Jin muslim seperti manusia, ada yg baik , jahil, Islam KTP , munafik, dan musyrik(memberi bantuan syirik / sesat kepada manusia)
> Beda muslim dan mukmin BS d bc QS Al hujurat 14
> Jin mukmin tidak akan pernah mau menjadi khodam manusia ( bc QS Al jin 6)
-        JIN bisa MATI

-        IBLIS TIDAK MATI, sampai hari Kiamat (Surat Al Hijr 36-38)

-        Apakah setan mati? ada 2 pendapat : Ya dan Tidak

1) yang menyatakan setan tidak mati, berhujjah bahwa setan tidak mati kecuali bersama iblis mati, karena setan adalah keturunan Iblis. Iblis tidaklah mati kecuali sampai kiamat.

2) yang menganggapa setan bisa mati,berhujjah:
    a. jika setan adalah sifat, maka jin & manusia jahat dan suka merusak, juga disebut syetan. Karena Jin dan manusia bisa mati, maka syetan (jin jahat) bisa mati.

    b. Yang dijamin tidak mati hingga datang kiamat adalah Iblis, dan tidak termasuk keturunanya (syetan). Wallahu A’lam
 -QS An Naas 6 : ….syetan……Dari (golongan) jin dan manusia

Hadist: Ibnu Abbasradhiyallahu ‘anhumameriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam salah satu doanya, beliau melantunkan: “Aku berlindung dengan kemuliaan-Mu yang  tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Dzat yang tidak akan mati.Sementara jin dan manusia akan mati.”(HR. Bukhari no. 7383 dan Muslim no. 2717).

*) Jin lebih dulu diciptakan (QS Adz Dzariyat 56)

*) Jenis Jin : Jin Terbang, Jin Binatang, Jin Suatu Tempat

Rasulullah Shallollohu ‘alaihi wasallam, bersabda: “Jin terdiri dari tiga kelompok; satu kelompok memiliki sayap dan mereka terbang di udara, satu kelompok berbentuk ular dan satu kelompok tidak menetap dan berpindah-pindah.” Hadits Abu Tsa’labah radiyallohu anhu, yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani

*) Kehidupan Jin : Mirip Manusia (Makan, minum, kawin)

*) Makanan Jin : Sejenis Uap/Gas/Sari pati makanan, bekas tulang,   kotoran manusia, dupa/kemenyan.

*)Tempat tinggal Jin : sesuai jenisnya : pohon, gunung, hutan, lembah, rumah/kamar kosong, tempat kotor & najis (wc, got, sampah) pasar, kuburan, tempat separuh panas-separuh teduh, tempat sunyi, tempat maksiat, lubang2 di tanah, lautan, padang pasir, tempat2 syirik (ada patung2, sesajen, jimat2 dll), ada anjing dll

*) Kemampuan Jin : Terbang, berubah rupa (meniru binatang, orang dll, kecuali Nabi Muhammad SAW, tidak bisa mereka tiru), hadir di mimpi, masuk ke manusia dll

*) Usia Jin : Ratusan-Ribuan Tahun

*)Syetan adalah MUSUH kaum beriman

Al Fathir 6 : Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh(mu),

Al Baqarah 168 : syetan adalah musuh yang nyata

Dan Syetan itu lemah : An Nisa 76 ………Karena Sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah.

*) Kekuasaan syetan dan penguasaan syetan pada:

1.   Orang yang tidak ikhlas (Al Hir 39-40)

2.   Orang yang tidak bertawakal

3.   Orang yang memwalikannya (memuja, meminta bantuanya)

4.   Orang musyrik (menyembahnya) (An Nahl 99-100)

_*PENDAMPING MANUSIA :*_

Manusia didampingi oleh Malaikat dan Syetan Qorin

àMalaikat bertugas menjaga manusia dari semua hal2 buruk  kecuali apa2 yang sudah ditakdirkan  Allah terjadi, malaikat akan menyingkir.

àSyetan Qorin bertugas menyesatkan manusia

*) “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

*) Yang menyertai dia (qarin) berkata pula: 'Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkan tetapi dialah (manusia) yang berada dalam kesesatan yang jauh... (QS Qaaf :27)

*) Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Jin tidak bisa dilihat

—  Allah berfirman : “Artinya : (Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridahiNya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan belakangnya” [Al-Jin : 26-27],  baca juga Al-An’am : 50

_Bersambung_

By : Ustadzah Nimas
Edisi : Rabu, 15 Februari 2017

No comments:

Post a Comment