PENYAKIT 'AIN - FKDI Indonesia

Wednesday, December 21, 2016

PENYAKIT 'AIN


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang sampai sekarang masih memberikan kita nikmat Kesehatan dan kesempatan kpda kita sehingga pada malam hari ini Allah masih mengizinkan kita utk berkumpul mengikuti kajian ini
Tidak semua org Allah berikan kesempatan yang sama seperti kita.

Shalawat beserta salam kita haturkan suri tauladan terbaik sepanjang Zaman, yg begitu mencintai kita, bahkan ketika Allah memanggil nya yg disebut2 adalah kita, umatnya.
yakni nabi besar Muhammad SAW. Semoga kita bisa bersua dgn beliau di yaumil akhir.

Apa itu Penyakit ‘Ain?

Secara harfiah, penyakit ‘Ain itu diambil dari kata ‘ana-Ya’inu (bahasa Arab) artinya apabila ia menatapnya dengan matanya. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, kemudian diikuti oleh jiwanya yang keji, kemudian menggunakan tatapan matanya itu untuk menyampaikan racun jiwanya kepada orang yang dipandangnya. Sehingga, apa yang dilihat oleh hati yang hasad dapat membahayakan orang lain.

Penyakit ‘Ain bukanlah penyakit medis, tetapi dapat mengganggu kesehatan orang yang terkena ‘Ain.

Lalu bagaimana kita tahu kalau itu penyakit 'ain, apakah ada tandanya?
Jika kita merasa ada orang memandangi kita dengan pandangan aneh yang tidak biasa, kemudian setelah itu timbul sakit kemungkinan besar itu adalah 'Ain.Maka dari itu 'Ain itu ada dua : 'Ainul Hasad/pandangan mata orang yang hasad, dan 'Ainul I'jab/pandangan mata dari orang yang terkagum-kagum. Keduanya bisa mengakibatkan sakit.

meng upload foto diri di medsos bisa menimbulkan mudhorot? Benarkah 🤔🤔

Memang benar;

1. Foto adalah salah satu sarana untuk melakukan sihir, ataupun memungkinkan terjadinya ain.
2. Bagi wanita foto yg di upload di medsos bisa jadi fitnah bagi yg melihatnya yg dihatinya ada penyakit.
3. Bagi wanita yg sudah bersuamikan upload foto bisa menimbulkan terjadinya perceraian. Jika terjadi interaksi dgn orang2 yg menyukainya karena tertarik dgn kecantikan wajahnya dan di mulailah chatt yg menimbulkan kecemburuan suami.
4. Apakah anda rela wajah nya di nikmati banyak orang?
5. Jika yg melihat wajah itu terus timbul syahwat berarti anda juga pemicu timbulnya dosa.
6. Dll

Apakah ini berlakunya hanya kepada perempuan..saja...padahal laki-lakikan jga berpotensi ain......jadi klu laki-laki boleh selfi nggak??!!!🤔🤔
Hal ini berlaku untuk semua, cuman wanita lebih rawan terkena fitnah. Begitu juga wanita lebih mengedepankan perasaan nya dari pada akalnya sehingga lebih mudah terkena ain. Sedangkan sumber fitnah itu wanita bukan laki laki

Wanita menyembunyikan/menutupi dirinya...
Laki2 menundukkan pandangannya..

Terkena ain tidak harus dengan cara melihat langsung korban ain. Namun bisa juga terjadi dengan membayangkan atau mengkhayalkan apa yang disampaikan kepadanya. Termasuk dengan melihat foto atau gambar korban ain tersebut.

Ibnul Qoyim rahimahullah mengatakan,

”Jiwa orang yang menjadi penyebab ain bisa menimbulkan ain, tanpa harus dengan melihat. Bahkan terkadang ada orang buta, kemudian diceritakan tentang sesuatu kepadanya, lalu jiwanya bisa menimbulkan ain, meskipun dia tidak melihat sesuatu itu. Dan ada banyak penyebab ain yang bisa menjadi sebab terjadinya ain, hanya dengan cerita tanpa melihat langsung.” (Zadul Ma’ad, 4/149)

Jadi...medsos bkn tempat yg tepat utk "mengungkapkan" begini lah "aku"
#kayaknya begitu 😄😄


Tapi bagaimanakah jika pekerjaan kita berhubungan dg sosmed atau contoh....di haruskan dari atasan karya tulisan pakai gambar.
Dengan pilihan yg sulit.
🙈🙈

Bagaiman kecantikan itu hadir.
Kecantikan di sajikan untuk kebaikan motifasi atau misi2 kebaikan...kenapa tidak...ada hadijah yg berdagang harus bertemu banyak orang....berniqob atau tidak itu jg sunnah.
Namun semua dg ridho suami.

Yg tdk bersuami pun tetap kecantikannya dikeluarkan dg kapasitasnya yg beanfaat dg syariatnya.
Bagaimana robiatul adawiyah dg ilmu sufinya.
Pun harus keluar dan kecantikannya di lihat banyak umat tanpa niqob.

Nah itu.motivasi yg diambil mestinya adalah...kecintaan nya pada islam,dan apa yg mereka korbankan utk islam

Semua tergantung masing2 individunya. Ketika hujjah telah di tegakkan dan ilmu telah sampai jika masih ada pilihan yg lain.
Ini slh satu motifasi dn support dn trus ikhtiar dan doa di beri jalan lain agar tak ada marketing melalui gambar

_* Bagaimana cara menyembuhkan diri dari penyakit 'ain?*_

Adapun cara mengobati orang yang terkena 'Ain ada lima sebagaimana yang disebutkan oleh Syaikh Wahid Abdussalam Bali dalam kitab beliau "Ash-Shorimul Battar" :

1⃣ Dengan cara mandi,
Jika diketahui orang yang memandang tadi, maka ia diminta untuk mandi di atas ember besar sehingga airnya tertampung dan air sisa mandi ini disiram/diguyur sekaligus sekali guyuran ke atas kepala orang yang sakit, ia akan sembuh seketika itu pula. Sebagaimana cara ini dilakukan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Baihqi, dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahihul Jami' : 3908).

2⃣ Meletakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian membaca do'a yang diajarkan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sbb :

بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

"Dengan asma Allah aku meruqyahmu dari setiap hal yang mengganggumu, dan dari setiap keburukan setiap jiwa dan setiap mata yang jahat. Semoga Allah menyembuhkanmu, dengan asma Allah aku meruqyahmu." (HR. Muslim : 2186).

3⃣ Letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit kemudian bacalah do'a sbb :

بِاسْمِ اللَّهِ يُبْرِيكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ.

"Dengan asma Allah semoga Allah memulihkanmu, dan semoga Allah menyembuhkanmu dari setiap penyakit, dan dari setiap keburukan orang yang hasad ketika mereka hasad, dan dari setiap pandangan mata jahat." (HR Muslim : 2186)

4⃣ letakkan telapak tangan di atas kepala si sakit lalu bacalah do'a sbb :

اللَّهُمَّ ربَّ النَّاسِ ، أَذْهِب الْبَأسَ ، واشْفِ ، أَنْتَ الشَّافي لا شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ، شِفاءً لا يُغَادِرُ سقَماً

"Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah sakit, sembuhkanlah, Engkaulah Dzat Yang Maha Penyembuh, tiada kesembuhan melainkan dari Engkau asalnya, kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas sakit." (HR. Bukhari : 5675).

5⃣ letakkan telapak tangan di bagian tubuh yang sakit kemudian baca surat : Qulhu, Falaq, Nas. (HR. Bukhari kitab Fadhailul Qur'an bab Al Muawwidzatain).

Cara supaya terhindar dari 'Ain adalah dengan membiasakan dzikir pagi dan petang, dzikir sebelum tidur,dzikir setelah shalat, mendo'akan keberkahan pada orang yang kita kagumi ketika melihatnya.


Edisi : Isnin, 19 Desember 2016
Pemateri : Ustadzah Nimas

No comments:

Post a Comment