Ketika ISLAM berbicara CINTA Part II - FKDI Indonesia

Thursday, September 29, 2016

Ketika ISLAM berbicara CINTA Part II



Ada satu ulama klasik yang saya rasa punya kitab yang sangat bagus tentang cinta ini.

Bahkan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia juga.
Beliau adalah Syaikhul Islam Ibnul Qayyim Al Jauziyah
Edisi terjemahnya kalau gak salah diberi judul "Tamannya Para Pecinta"

Dari judulnya saja sudah ketahuan kan isinya ๐Ÿ˜

Edisi Arabnya diberi judul, Raudhatul Muhibbin

Di dalam kitabnya tsb, syaikh secara garis besar membagi cinta k dalan 3 kelompok besar


Apa saja itu?:
1. Al Mahabbah liLlah wa fiLlah
2. Al Mahabbah al 'Ardhiyyah
3. Al Mahabbah al 'Isyqiyyah

Apa aja tuh defenisinya? ๐Ÿ˜
Qita coba bedah singkat saja ya masing2 jenis cinta tsb

Bi idzniLlah
1. Al Mahabbah liLlah wa fiLlah

Yaitu cinta yg hanya berlandaskan cinta kepada Allah ๏ทป saja...

Cinta jenis ini adalah cintanya org2 yg beriman...
Mreka akan mencintai apa saja yg Allah ๏ทป cintai...

Namun bagi mereka, cinta kpd Allah ๏ทป adalah yg lebihh tinggi dibanding cinta kepada selain-Nya
Di dalam Al Quran Allah ๏ทป menggambarkan jenis cinta ini di dalam surah Al Baqarah ayat 165

"Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)."

Perhatikan... ๐Ÿ‘†
Walladzina aamanu asyaddu hubballiLlah...

❤Adapun orang-orang yg beriman, CINTA mereka itu sangat besar kepada Allah ๏ทป...

Cinta berikutnya

2. Al Mahabbah al 'Ardhiyyah

Yaitu cinta yang dasarnya adalah syahwat keduniaan...
Seperti: harta, tahta, rupa, benda dan yang sejenis dengannya...

Cinta jenis ini sifatnya temporary, ada masa aktifnya

Biasanya di Indonesia dulu dikenal dgn cinta monyet ๐Ÿ™Š

Padahal saya sendiri blm pernah lihat gimana monyet jatuh cinta loh ๐Ÿ˜

Cinta berikutnya...

3. Al Mahabbah al 'Isyqiyyah

Nah...

Ini nih yg agak jleb ๐Ÿ˜

Apa sih al 'isyqiyyah itu?
Al 'isqiyyah secara sederhana adalah jenis cinta yg melibatkan penyatuan ruh, hati & pikiran, nah lo... ๐Ÿ™Š
Cinta jenis ini nih yg bikin org sadar jadi agak setengah gila (atau emang gila beneran)

Al 'isyq juga yang bisa buat orang gak bisa tidur nyenyak...

Makannya juga gak enak...

Baru disebut namanya, udah deg deg seeeeer, jantung kayak mw copot...

Apalagi kalou  yg dicinta manggil nama kita...

Alamaaak.... ๐Ÿ˜„

Berjuta rasanya....
#kata iklan

Cinta jenis ini yang rasanya kudu qita waspadai...

Harus qita kenali sebabnya dulu, karena efeknya aneh

Gak salah juga klo qita melabeli cinta ini dengan Virus

Krn emang ada efek sampingny ๐Ÿ˜
Gak seperti virus lainnya loh...

Virus ini efeknya bs berbeda di tiap orang...

๐Ÿ’“Ada yang mendadak berubah jadi dewasa ๐Ÿ‘จ
๐Ÿ’“Ada jg yg mendadak jadi manja ๐Ÿ‘ฆ
๐Ÿ’“ada yang sukanya gak jauh2 dari cermin...

Ada juga yg cuma suka uring-uringan...
Aneh2 emang efek sampingnya...

Bahkan belumm ada satupun dokter yg bs menyembuhkan virus satu ini ๐Ÿ˜„

You know lah what i mean ya ๐Ÿ˜…

Namun ada yang unik...

Walau efek sampingny beragam dan macam2, tapi ternyata penyebab dari cinta (boleh jg disebut virus merah jambu) ini semuanya sama...
Ini yg unik...

Apa kira2 penyebabnya ya?
Penyakit al 'isyq terjadi dengan dua sebab,

❤Pertama : Karena mengganggap indah apa-apa yang dicintainya.

Jadi ia melihat yang dicintainya itu semuanya indah...

๐Ÿ“Wajahnya...

๐Ÿ“Akhlaknya...

๐Ÿ“Gaya bicaranya...

๐Ÿ“Penampilannya...

๐Ÿ“Style rambutnya...

Pokoknya semuanya indah deh ๐Ÿ˜

U'r the perfect one in my heart...

Ceileeee

Itu sebab pertamanya...

❤ Kedua : Perasaan ingin memiliki apa yang dicintainya

Yang ini rasanya lbh jelas ya...

Setelah menganggap yg dicintainya itu perpect...
Lalu muncullah rasa ingin memiliki yg dicintainya tsb...

U'r only for me...

Gitu kira2 ๐Ÿ˜

Bersambung...

ูˆَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ุจِุงู„ุตَّูˆَّุงุจ 

Semoga bermanfaat


Akhukum fiLlah,


๐ŸŒด Satria Ibnu Abiy
๐Ÿ’š Edisi : Rabu, 28 September 2016

No comments:

Post a Comment