Berani Bermimpi, Berani Action. - FKDI Indonesia

Tuesday, July 19, 2016

Berani Bermimpi, Berani Action.



Materi Kajian Group 1
======================
Forum Dakwah dan Kajian Islam

Hari/tanggal : Kamis, 02 Juni 2016
Narasumber : Ustadz Akbar
Tema : Man Jadda Wajada
Moderator : Ukhti Eka
Notulen : Ukhti Eka

Assalamualaikum Wr. Wb

Berani Bermimpi, Berani Action.
Man Jadda Wajada
Akbar Zainudin
Penulis Buku Man Jadda Wajada, Twitter @akbarzainudin

Dasar Al-Quran :
πŸ„ "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan, apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." – (QS.59:18)

πŸ„ “Walladzdziina jahidu fiina lanahdi yannahum subulana”.  Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk mencari keridhoan Kami, Kami akan tunjukan kepada mereka jalan-jalan kami ( QS. Al Ankabut : 69 ).

πŸ„ “Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sebuah kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka.” (TQS Ar Ra’du 11)

🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱

Segala sesuatu di dunia ini bermula dari impian. Hal-hal besar terjadi karena impian orang-orang. Jika orang-orang tidak bermimpi, maka pencapaian-pencapaian besar sulit terjadi.

Bola lampu tercipta karena impian ingin membuat dunia terang benderang. Pesawat tidak akan terjadi jika wright bersaudara tidak punya impian untuk bisa memiliki sayap dan terbang seperti burung. Semua penciptaan awalnya adalah impian yang terkadang dianggap tidak mungkin oleh orang-orang sekitar.

Impian besar seringkali dianggap sebagai hal yang mustahil.
Orang seringkali meremehkan impian besar karena menganggap tidak mungkin terjadi. Bukan hanya meremehkan, bahkan seringkali dicemooh dan dicaci karena menganggap kita gila dengan impian-impian yang dianggap sebagai sesuatu yang mustahil. Tidak apa-apa orang menganggap kita gila dengan impian kita, karena seringkali dunia memang membutuhkan orang-orang yang pikirannya out of the box, di luar rata-rata umum sehingga dianggap “gila”. Tapi dari pikiran-pikiran yang aneh dan di luar rata-rata umum inilah yang bisa memberikan perbedaan. Pikiran inilah yang menjadikan dunia berubah menjadi lebih baik.
Jangan takut dianggap nyeleneh, tidak biasa, dan tidak mungkin. Kalau kita belum apa-apa sudah takut bermimpi, kita tidak akan bisa menjadi orang besar. Kita harus berani bermimpi dengan impian-impian besar. Impian yang akan membawa kehidupan kita ke arah yang lebih baik.
Orang sering berpikir untuk membiarkan hidup berjalan apa adanya, biarlah angin yang akan membawa kepada kehidupan selanjutnya. Orang sering berkata: “biarlah hidup mengalir apa adanya”, pemikiran semacam ini sebenarnya kurang tepat, karena seharusnya kita punya arah ke mana masa depan akan dijalankan. Jangan biarkan hidup mengalir apa adanya, tapi alirkan hidup kita ke arah yang kita inginkan.
Kalau kita mempunyai impian, maka hidup kita tidak akan terombang-ambing tanpa arah. Impian akan mengarahkan jalan hidup kita ke mana akan menuju. Impian juga berfungsi sebagai rel yang akan membimbing jalan kita ke depan. Tanpa ada impian, jalan kita bisa berbelok-belok, bahkan terkadang menjauh dari target yang kita tetapkan. Tetapi kalau ada impian, hidup ini akan jauh lebih terarah. Kalau ada perjalanan yang menyimpang dari arah yang seharusnya kita jalani, maka kita akan segera mengetahui dan memperbaiki jalan  tersebut ke arah yang benar.
Impian juga membuat kita bisa membuat prioritas dalam hidup ini sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita mempunyai sumber daya yang terbatas. Waktu kita terbatas, tenaga kita terbatas, uang kita terbatas, dan fasilitas kita juga terbatas. Kalau kita tidak punya arah, maka sumber daya yang terbatas ini tidak bisa kita manfaatkan secara maksimal. Kita tidak bisa menjadi segala-galanya, karena itulah kita harus memilih menjadi apa.

🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱

Jangan ragu untuk bermimpi setinggi-tingginya. Tidak perlu dipikirkan apakah kita bisa mencapai impian kita atau tidak. Yang perlu kita pikirkan adalah apa yang harus kita lakukan agar kita bisa semakin dekat kepada impian.
Setelah impian itu kita tuliskan dengan baik, tugas selanjutnya adalah mau bekerja keras mencapai apa yang kita impikan. Buatlah rencana aktivitas yang akan kita lakukan, lengkap dengan tanggal dan target yang akan kita capai. Setelah rencana dibuat, segera lakukan apa yang kita rencanakan. Jangan menunda atau menunggu sesuatu, kecepatan kita dalam melangkah akan menentukan secepat apa impian kita akan tercapai.
Jangan takut bekerja keras dalam mencapai impian. Karena pada dasarnya, di dunia ini hampir semua impian dan permintaan bisa dikabulkan, yang penting kita mau berupaya dengan sangat serius. Kerja keras kita akan menentukan apakah kita bisa mencapai impian kita atau tidak.

🌸 Bekerja keras adalah kita berusaha sekuat tenaga dengan mendorong sampai batas paling memungkinkan. Bekerja di atas rata-rata. Kalau orang bekerja 8 jam sehari, jika diperlukan kita bekerja 9 jam sehari. Kalau orang membaca 1 buku dalam seminggu, kita usahakan bisa membaca lebih dari 1 buku dalam seminggu. Begitu seterusnya sehingga kita benar-benar bekerja di atas rata-rata.
Jangan lupa, selain bekerja lebih banyak dari rata-rata, yang harus dilakukan adalah bekerja lebih produktif dibandingkan dengan yang lain.

🌸 Bekerja lebih produktif artinya dengan waktu dan fasilitas yang sama, kita bisa menghasilkan produktivitas lebih banyak. Hasil yang kita kerjakan bisa lebih banyak dibandingkan dengan yang lain.
Jika produktivitas kita bisa naik, maka hasilnya juga akan lebih baik. Dan nilai diri kita akan jauh lebih tinggi dan lebih berharga dibandingkan dengan yang lain. Produktivitas kita bisa naik hanya jika kita mampu meningkatkan kualitas keilmuan dan keterampilan atau kompetensi yang kita punya. Kompetensi yang meningkat akan menghasilkan kinerja yang juga meningkat. Karena itu, sepanjang hidup kita perlu untuk terus belajar dan belajar. Itulah yang disebut kerja cerdas.

🌸 Kerja cerdas itu tidak hanya kerja keras, tetapi juga berpikir keras bagaimana bisa menghasilkan lebih banyak dalam waktu yang sama. Bekerja cerdas adalah terus berpikir bagaimana membuat terobosan dan inovasi baru sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih baik, lebih enak, dan lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Kerja cerdas pada dasarnya adalah kombinasi dari kerja-kerja yang mengandalkan otot dan tenaga saja, dibarengi dengan kerja kreatif dan inovatif yang mengandalkan otak.

Dunia kita adalah dunia yang penuh dengan tantangan. Menghadapi berbagai macam tantangan, termasuk krisis yang terus membayang di depan mata, tidak cukup hanya dengan mengeluh dan menyalahkan keadaan. Perlu ada upaya kerja keras yang sangat serius sambil terus menerus berinovasi dalam berbagai hal, sehingga kita mempunyai keunggulan dan memberikan nilai tambah dari apa yang kita kerjakan.
Impian besar kita memang harus kita mulai wujudkan. Buatlah tanggal di setiap impian kapan akan tercapai agar impian itu tidak sekadar menjadi angan-angan dan khayalan belaka. Setelah itu, mulailah mengerjakan rencana yang sudah kita buat walaupun mulai dari yang kecil. Karena kita tidak bisa langsung melangkah panjang dan besar, semuanya dimulai dari hal-hal kecil.
Untuk bisa mencapai puncak gunung, kita mesti memulai dari langkah pertama, dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil berikutnya. Perlahan tapi pasti kita akan terus melangkah, menghadapi rintangan, terus mendaki dan mendaki.Langkah itulah yang kita perlukan.

Action. Action. Action. Berani bermimpi, berani action.✊✊

πŸ’ Tanya Jawab


  • Di dalam QS Ar Ra'du 11 itu kan "Sesungguhnya Allah tidak mengubah yg ada pada kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka." Yang saya pahami hal tersebut juga terjadi dalam pendidikan. Misalnya saja orang yg dalam faktor ekonominya kurang mampu berusaha belajar agar bisa mendapatkan beasiswa di jenjang pendidikan yg lebih tinggi untuk menuntut ilmu. Yg saya tanyakan, bagaimana bila orang tersebut mendapatkan beasiswa tetapi disebuah yayasan swasta yg non-islam (nasrani)? Terimakasih ustadz.. mohon penjelasannya😊

 Jawab :

🍎 Wah, ini pertanyaan sulit. Masalah yang syubhat (di tengah-tengah). Menurut saya lebih baik ditinggalkan kalau meragukan, artinya kita cari dulu yang dari yayasan Islam atau netral. Biasanya mereka membawa misi soalnya.

Kalau sudah terlanjur menuntut ilmu di yayasan tersebut bagaimana ustadz?

🍎 Kalau sudah terlanjur ya pilihannya diteruskan dengan syarat kita jaga akidah kita. Kalau belum, kita cari yang beragama Islam. Lebih selamat dan menenangkan.

2⃣ Ustadz mau tanya , kan ada yang bilang semakin dewasa kita bisa tau jati diri kita . yang saya mau tanyakan bagaimana cara kita menemukan jati diri kita ? Apakah ada cara khusus ?
Syukron jazakallah khairan atas jawabannya ustadz

🍎 Pencarian jati diri adalah pencarian seumur hidup. Ngga akan pernah selesai. Karena itulah tugas kita adalah bukan menjadikan diri ini sempurna, tapi bagaimana menjadikan hidup kita lebih baik dari waktu ke waktu. Bagaimana mencari jati diri kita. Lakukan banyak hal, apa yang kita lakukan itu KITA SUKAI dan jika melakukannya HASILNYA BAIK, di situlah diri kita mestinya dikembangkan.

3⃣ Mau tanya ustadz, impian yg baik itu spt apa? Apakah kl kita ingin punya rumah, kendaraan atau apapun itu, terlihat spt mengejar dunia aja?

🍎 Impian yang baik adalah impian yang mengajak kita kepada kebaikan, dunia dan akhirat. Kalau kita pengin punya rumah, punya uang banyak, apakah kita terlihat mengejar dunia? Tergantung niat kita. Hidup kita itu adalah bagaimana kita lebih bisa bermanfaat buat orang banyak. Sekarang kita pikirkan bersama; lebih mudah membuat hidup kita bermanfaat buat orang kalau kita punya uang apa tidak punya uang?..
Saya jadi ingat, Nabi Muhammad itu hartanya banyak banget, Abu Bakar dan Usman itu Konglomerat. Dan yang lebih konglomerat lagi adalah Abdurrahman bin Auf. Sudah ada contohnya: Mereka konglomerat tapi tidak gila dunia, dan hidupnya sangat sederhana.

4⃣ Ust. Kalo impiannya menikah dgn orang yg d suka (bagus agamanya) apa impian yg baik? Istilahnya cinta dalam diam ust.

🍎 Nah, kenapa ngga boleh. Habis ini, setiap doa setelah shalat, selipkan satu doa: "Ya Allah, mudah-mudahan engkau lembutkan hati dan buka hati hambamu (sebut namanya), agar kelak bisa menjadi imamku dunia akhirat"... Hehehe.. Namanya juga usaha. Semua cara yang baik kita lakukan.

↔ Apa ciri2/tanda2 kalo dy itu jodoh kita?
Firasatkah, atau hal lain?

🍎 Mendikte Allah? Kita ngga pernah tahu apa yang Allah mau. Tugas kita berdoa, siapa tahu Allah kasih. Kita disuruh minta, apa saja. Dan Allah janji akan kabulkan. "Ud'uunii astajib lakum". Lalu mengapa kita ragu meminta? Allah Maha Besar, mudah buat Dia menjodohkan kita dengan siapa saja. Minta saja, lalu berusaha.

6⃣ Afwan ustadz..
Saya mau tanya, jaman sekarang kan banyak umat yang dengan dalil diatas jadi begitu semangat mnggapai impiannya. Hingga dia lupa dngan ibadah nya, dan impian nya itu malah bkin dia terlalu ambisi. Nah, bagaimna kita sbgai teman dalam mnyikapi dia. Trlebih kdang pembahasan antta kita mngnai hal "mncapai mmpi" itu jdi perdebatan krna yg satu kekeh sma mngjar impian dan yg satu lagi itu tetap harus menyeimbangkan dngan ibadah..

🍎 Impian yang baik adalah impian yang dicapai dengan proses yang baik. Hidup ini mesti seimbang antara kehidupan jasmani dan rohani kita. Kasih tahu dia, beribadah adalah bagian tidak terpisahkan dlaam mencapai impian. Orang-orang sukses pasti punya keseimbangan antara jasmani dan ruhani. Hidupnya tidak pernah kosong karen penuh dengan spiritualitas yang baik. Orang sukses biasanya ibadahnya baik, disiplinnya baik. Semakin jauh dari Allah, sukses-nya semu, sementara, dan biasanya ngga akan bertahan lama.

7⃣ Kalau utk berusaha saya pikir tak tahu hrs berusaha bgm ustd selain memperbaiki dan memantaskan diri semampunya?

🍎 Buka hati dan diri kita, bergaul dengan banyak orang. Kalau keinginan sudah sangat kuat, tawakkal kepada Allah, pasti akan dikasih jalan. Kita hanya perlu yakin dan terus berusaha. Jalan pasti ada...
Terakhir, kalau saya, sukses itu saat apa yang kita capai mengarah kepada kebaikan. Kalau apa yang kita capai malah menjauhkan kita dari kebaikan, kita belum sukses namanya. Seperti selalu doa kita agar kita bisa bahagia untuk hidup kita di dunia, dan juga sebagai bekal untuk hidup di akhirat.

🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱🌱

Jazakallah Khairan Katsiiraa ustadz..
Semoga ilmu yg telah dibagikan membuat kami semakin paham dan ilmu yg telah diberikan bermanfaat untuk kami semua.
Saya selaku moderator pada malam hari ini mohon maaf lahir bathin atas segala kekurangan dan kesalahan..

wassalamu'alaikum wr.wb

🌹🌹🌹Tim FKDI🌹🌹🌹

1 comment: